Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada apa di dalam kemasan makanan? LKPD Kemasan

Materi belajar ini diambil dari laman seadstem.org sebuah platform yang memfasilitasi dialog antara para guru STEM di negara Asia Tenggara yang punya kesempatan bertukar ide dan mengembangkan contoh-contoh praktik baik



Sumber Daya Tipe       : Eksperimen
Mata Kuliah                 : Ilmu Bumi
Topik                           : Ekosistem Kesehatan Keberlanjutan
Waktunya beraktifitas : 30 menit hingga dua hari, bergantung pada aktivitas yang dipilih

Kemasan makanan memiliki beragam bentuk dan ukuran. Bahan tertentu dipilih untuk mengemas makanan karena suatu kebutuhan, misalnya untuk menghindari kontaminasi atau pembusukan dan memastikan keamanan makanan saat diangkut, disimpan, dan dikonsumsi.

Pendahuluan

Kegiatan ini dirancang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak berbagai usia untuk mengeksplorasi bahan yang digunakan dalam pengemasan makanan. Mereka akan diminta untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan bahan kemasan menurut karakteristik yang mereka rasakan (tekstur, permeabilitas air, jenis bahan, dll.) dan memberikan alasan pengelompokan. Dari sini, murid akan didorong untuk lebih mengamati lebih dekat kemasan makanan dan mengklasifikasikannya berdasarkan bahan pembentuknya dan jenis makanan di dalamnya.

Murid akan menyadari bahwa produk makanan yang serupa (misalnya, minuman coklat susu, jus dalam kemasan tetra pak, produk makanan kering seperti kopi dan sereal dalam jumlah kecil dapat dimasukkan ke dalam saset/ pembungkus aluminium/ plastik, bumbu dalam botol plastik atau kaca, keripik dalam tabung karton atau pembungkus seperti kertas aluminium bersegel, dll.).

Murid dapat membuka satu produk, misalnya susu atau jus kemasan tetra pak (dan mungkin meminum isinya) dan memeriksa bahwa bahan di sisi dalam kemasan berbeda dengan di luar. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa kemasan produk ada yang terdiri dari bahan yang berbeda di setiap lapisan, bergantung pada isi produk (minuman, saus mayones, atau bumbu mungkin menggunakan botol kaca dengan tutup yang terbuat dari bahan timah, dll.).

Tujuan Utama

  1. Mengamati dan mengklasifikasikan bahan pembentuk kemasan makanan.
  2. Mendeskripsikan jenis bahan pembentuk kemasan makanan.
  3. Mengenali sifat-sifat bahan kemasan makanan.
  4. Menyimpulkan alasan beberapa bahan digunakan sebagai kemasan jenis makanan tertentu.
  5. Menyimpulkan bahwa beberapa bahan dapat menjadi limbah padat pada lingkungan.
  6. Mendiskusikan bagaimana membuat pilihan yang bertanggung jawab saat membeli makanan kemasan.
  7. Mempromosikan desain produk atau bahan inovatif yang dapat digunakan sebagai bahan kemasan makanan (baik didaur ulang/ digunakan kembali dalam bentuk aslinya atau diolah kembali agar sesuai dengan tujuan penggunaan yang baru)

Pertanyaan Panduan
  1. Jenis bahan apa yang digunakan dalam kemasan makanan?
  2. Berapa jenis bahan yang kamu lihat dalam kemasan suatu produk makanan
  3. Bagaimana karakteristik bahan kemasan?
  4. Mengapa produk makanan dikemas sedemikian rupa? Apa keuntungan penggunaan bahan seperti itu?
  5. Apa kerugian dari penggunaan bahan-bahan itu?

Penulis

Ruby R. Cristobal, Ph.D. (Philippines) Sumber: Most Essential Learning Competencies (Science), Department of Education. 2020

Posting Komentar untuk "Ada apa di dalam kemasan makanan? LKPD Kemasan"