Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Definisi Kurikulum Menurut Para Ahli

Kurikulum menjadi salah satu hal penting dalam institusi pendidikan, terutama terkait program pengajaran. Jika dianalogikan, kurikulum merupakan jembatan penghubung antara guru dengan siswa, serta dosen dengan mahasiswa. Menurut Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP - UPI dalam buku Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (2007), kurikulum adalah mata pelajaran yang ditempuh siswa agar bisa mendapat ijazah. Pengertian di atas termasuk dalam terminologi tradisional. Dalam kehidupan modern, pengertian kurikulum adalah program pendidikan untuk mencapai tujuan. Ada pula yang mengartikan pula bahwa kurikulum adalah pengalaman belajar yang disusun menurut pola tertentu. Baca juga: Mengenal Kurikulum Merdeka dan Peran Gurunya Supaya lebih memahaminya, berikut beberapa 7 definisi kurikulum menurut para ahli:



Caswell and Campbell

Dilansir dari buku Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Abad 21 (2021), definisi kurikulum menurut Caswell and Campbell adalah: "Kurikulum adalah penyusunan pengalaman yang digunakan guru sebagai proses untuk membimbing anak didiknya menuju kedewasaan."

Caswell dan Campbell menyatakan bahwa kurikulum yang dianggap sebagai bidang studi, tidak mewakili keterbatasan isi, melainkan sebagai proses juga prosedur.

Ralph Tyler

Definisi kurikulum menurut Ralph Tyler adalah semua pelajaran murid yang direncanakan serta dilaksanakan pihak sekolah, guna mencapai tujuan pendidikannya.

Murray Print

Dikutip dari buku Pengantar Kurikulum (2015) oleh Sarinah, menurut Murray Print, pengertian kurikulum adalah: "Kurikulum merupakan ruang pembelajaran yang terencana, dan diberikan langsung kepada siswa oleh lembaga pendidikan, yang dapat dinikmati sesuai penerapannya

Kurikulum Grayson

Menurutnya, kurikulum diartikan sebagai perencanaan untuk mendapat pengeluaran yang diharapkan dari suatu proses belajar.

Good V. Carter

Pengertian kurikulum adalah kelompok pengajaran yang sistematis, atau urutan subyek yang dipersyaratkan demi kelulusan atau sertifikasi pelajaran mayor.

George A. Beauchamp

Kurikulum diartikan sebagai dokumen tertulis berisi mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik. Pengajaran ini dilakukan lewat pembagian mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, serta rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kerr, J. F.

Menurutnya, kurikulum adalah pembelajaran yang dirancang serta dilaksanakan oleh individu atau kelompok, baik di dalam maupun luar sekolah

Posting Komentar untuk "7 Definisi Kurikulum Menurut Para Ahli"