Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Penyingkat URL

Pernah lihat link url seperti ini http://www.bit.ly/a366br ? Bagi yang biasa menggunakan twitter pasti familiar dengan bentuk penyingkatan url seperti ini, ini dikarenakan twitter membatasi penggunaan karakter hanya sampai 140 karakter (sekarang tahun 2022 sudah bertambah menjadi 280 karakter), makanya kalau kita lihat timeline Twiter (dulu) pasti banyak kata yang disingkat. Apalagi jika kita menuliskan sebuah tautan yang mempunyai url yang panjang semisal, http://m.mediaindonesia.com/index.php/read/2010/03/12/128874/123/101/Upacara_Adat_Nyangku_di_Ciamis_bukan_Musyrik maka bisa disingkat menjadi http://bit.ly/ciB9sc

Layanan Penyingkat URL

Layanan penyingkat url atau biasa disebur url shortener adalah layanan atau situs yang yang bisa memperpendek alamat situs yang panjang, atau digunakan untuk memperpendek alamat situs/wensite yang panjang sehingga mudah di ingat atau ditulis.

Ada banyak sekali situs penyedia penyingkat url, baik yang digunakan untuk internal situs tersebut ataupun yang bisa digunakan oleh publik dengan gratis.

Dibawah ini kami sajikan beberapa situs penyingkat url.. antara lain :

1. dik.si 

2. s.id

3. tiny.cc

4. bit.ly

5. bl.ink

6. tinyurl.com

9. t2m



Facebook menyediakan layanan penyingkat URL yang dinamai fb.me, yang dibuat untuk layanan Facebook Mobile. Google menamainya goo.gl, yang merupakan embedded service di Google toolbar dan google reader serta FeedBurner. Twitter udah terkenal lebih dahulu dengan bit.ly.  yang merupakan layanan independen yang bekerja sama dengan Twitter.

Ingin coba silahkan klik link – link diatas


Posting Komentar untuk "Layanan Penyingkat URL"