Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan
MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEURSHIP GENERASI MUDA MELALUI PEMBUATAN LILIN AROMA TERAPI BERBASIS BAHAN ALAMI (SOY WAX)
TUJUAN, ALUR dan TARGET PENCAPAIAN
Projek ini dimulai dari tahap mengetahui kompetensi awal peserta didik untuk kebutuhan diferensiasi, mengukur dengan asesmen diagnostik.Tahap selanjutnya tahap perkenalan mengenai konsep kewirausahaan dan perkenalan mengenai produk lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax). Pada tahap kontekstualisasi, peserta didik mulai melihat langkah-langkah dalam pembuatan lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax) melalui video atau penjelasan yang disampaikan oleh pendidik. Pada tahap perencanaan, peserta didik mulai membuat perencanaan bahan-bahan yang dibutukan dan digunakan dalam pembuatan lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax). Pada tahap aksi, peserta didik membuat lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax) dengan berbagai bentuk dan aroma serta melakukan kegiatan wirausaha berupa penjualan atau pemasaran dengan mempromosikan produk lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax). Pada tahap refleksi dan tindak lanjut, peserta didik mulai menghitung laba yang diperoleh dari hasil penjualan produk dan evaluasi akhir dari pendidik terhadap peserta didik
Hadirnya projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Kewirausahaan yang berjudul “Membangun Jiwa Enterpreneurship Generasi Muda Melalui Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami (Soy Wax)” diharapkan peserta didik sebagai generasi muda memiliki jiwa entrepreneurship, mandiri, kreatif, dan inovatif. Produk lilin aroma terapi berbasis bahan alami (soy wax) merupakan salah satu alternatif peserta didik untuk membuka peluang bisnis.
Hal - hal yang perlu diperhatikan
1. Seluruh warga sekolah berkomitmen untuk menjalankan aksi yang telah disepakati agar peserta didik dapat melihat secara nyata inti dari pembelajaran dan membangun kesadaran nilai-nilai kewirausahaan.
2. Pendidik memberikan bimbingan, memberikan ruang untuk menuangkan kreatifitas, serta menyediakan informasi baik berupa video atau gambar kepada peserta didik.
3. Pendidik menyediakan waktu khusus yang dikoordinasikan dengan seluruh guru mata pelajaran jika terdapat hari yang digunakan untuk kegiatan pemasaran atau promosi produk yang dihasilkan agar seluruh kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik.
4. Kerja sama antara sekolah dan orang tua untuk beberapa aktivitas tertentu dalam pembuatan produk yang akan dihasilkan.
5. Dukungan dari berbagai produsen, komunitas, sekolah, atau institusi lain untuk melakukan pemasaran produk yang telah dihasilkan.
6. Keberhasilan projek wirausaha ini tidak hanya ditentukan dari kreatifitas produk dan laba penjualan yang dihasilkan oleh peserta didik namun perubahan cara pandang peserta didik mengenai wirausaha dapat dilakukan dengan modal yang minimal dan wirausaha dapat
dilakukan oleh generasi muda tanpa batasan usia.
MANFAAT PROJEK
➢ Manfaat bagi peserta didik
1. Menguatkan profil pelajar pancasila dalam hal mandiri, kreatif, dan bergotong-royong.
2. Membentuk pola pikir peseta didik agar terkonstruktif baik serta memberikan pengalaman dalam dunia kewirausahaan.
3. Mengenalkan peserta didik pada dunia kewirausahaan sehigga pada saat terjun ke lapangan pekerjaan yang berhubungan degan kewirausahaan dapat beradaptasi dengan cepat.
➢ Manfaat bagi guru
1. Menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.
2. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
➢ Manfaat bagi sekolah
1. Menjalankan kewajiban sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022.
2. Menjalin komunikasi dengan orang tua
ALUR DESAIN PROJEK
1. Pembuatan Modul Project
dan menentukan waktu pelaksanaan project yaitu pada bulan November 2021
2. Asesmen Diagnostik
Mengukur kompetensi awal peserta didik untuk kebutuhan diferensiasi
3. Tahap Pengenalan
Mengenali makna, karakteristik, dan peran wirausaha
4. Tahap kontekstual
Mengontekstualisasi wujud wirausaha dalam pengenalan potensi
5. Tahap Perencanaan
Mengembangkan ide, merencanakan kolaborasi dan kerja sama
6. Tahap Aksi
Pembuatan produk dan melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan
7. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut
Mengkalkulasi benefit project, berefleksi dan mengevaluasi pelaksanaan
Dimensi | Elemen | Sub Elemen | Target Pencapaian di Akhir Fase | Aktivitas Terkait |
---|---|---|---|---|
Beriman Bertakwa terhadap Tuhan YME dan Berakhlak Mulia | Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengembangan diri | Memahami kewirausahaan | Memahami konsep kewirausahaan dalam pengembangan manusia sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa | 2,15 |
Mandiri | Pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya | Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi | Mengenali potensi diri dan tantangan yang dihadapi | 1,3,4,5,6,7 |
Kreatif | Karya dan Tindakan | Menghasilkan karya yang variatif dan inovatif | Menghasilkan gagasan yang beragam dan pembaharuan hasil dari pikiran dan perasaannya | 8,11 |
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerjasama | Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan | 9,10,11,12,13,14 |
KEGIATAN 1: Mengetahui Kompetensi Awal Peserta Didik dengan Asesmen Diagnostik |
---|
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengetahui kompetensi yang terdapat pada dirinya 2. Siswa dapat mengetahui peran dirinya dari kelompok yang mereka bentuk sesuai kompetensinya |
Waktu: 4JP Bahan: Alat tulis, buku bacaan, perangkat audio visual, dan laptopPeran Guru: Moderator atau Fasilitator |
Pelaksanaan: 1. Pengenalan tentang diri siswa melalui angket yang telah disediakan 2. Diskusi tentang harapan siswa akan pelaksanaan program ini sesuai kompetensi yang dimiliki oleh setiap siswa 3. Diskusi pembentukan kelompok untuk dikembangkan di tahap perencanaan projek kewirausahaan dalam Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami (Soy Wax) Tugas: Membuat kelompok berdasarkan hasil asesmen diagnostik |
KEGIATAN 2: Mengenal Wirausaha |
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami arti wirausaha 2. Siswa dapat memahami karakteristik wirausaha 3. Siswa dapat mengenal tokoh tokoh wirausaha muda yang sukses dan terkenal |
Waktu: 4JP Bahan: Alat tulis, buku bacaan, perangkat audio visual, dan laptopPeran Guru: Moderator atau Fasilitator |
Pelaksanaan : ❖ Pengenalan tentang tema kewirausahaan dan program “Membangun Jiwa Enterpreneurship Generasi Muda Melalui Pembuatan Lilin Aroma Terapi Berbasis Bahan Alami (Soy Wax)" ❖ Diskusi tentang harapan siswa mengenai program ini ❖Pembuatan perjanjian kelas❖Diskusi tentang apa yang siswa ketahui tentang wirausaha dan karakteristik seorang pengusaha ❖ Bermain: tebak tokoh-tokoh terkenal wirausaha muda❖ Membaca artikel/menonton dokumentasi tentang tokoh wirausaha yang sukses dan terkenal ❖ Mengidentifikasi sikap-sikap yang dimiliki tokoh wirausaha muda dalam bacaan/tontonan Tugas: ❖ Membuat biografi atau artikel tokoh wirausaha muda lainnya |
Posting Komentar untuk "Contoh Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"