Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Teknik Pemanasan Tata Udara dan Pendinginan (TPTUP)

RASIONAL

Teknik  Pemanasan,  Tata  Udara,  dan  Pendinginan  (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang berhubungan dengan pekerjaan bidang Heating, Ventilation, Air Conditioning & Refrigeration (HVACR). Elemen mata pelajaran ini terdiri dari: Sistem Tata Udara, Sistem Refrigerasi, Sistem Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara, Sistem Pemanas Air (Water Heater) serta menerapkan Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH). Mata pelajaran ini berisi materi esensial yang dalam pelaksanaanya dapat ditambah atau diperdalam oleh guru sesuai kondisi lingkungan dan perkembangan teknologi.



Mata pelajaran ini berfungsi memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai lanjutan penguasaan mata pelajaran dasar kejuruan program ketenagalistrikan fase E. Mata Pelajaran ini merupakan kompetensi profesional untuk membekali tamatan menjadi pekerja pada bidang Heating Ventilation Air Conditioning & Refrigeration (HVACR), seperti Instalatir, Operator dan Service Maintenance Staff, atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya. Selain itu peserta didik juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan sesuai kejuruannya. Dokumen Capaian Pembelajaran mata pelajaran ini menjadi dasar penyusunan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan bahan ajar.

Mata pelajaran ini mempelajari kompetensi soft skills dan hard skills menggunakan pendekatan saintifik yang mendorong peserta didik melaksanakan pembelajaran melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pembelajaran dapat menggunakan berbagai model, antara lain pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan model pembelajaran lainnya sesuai karakteristik kompetensi. Kegiatan pembelajarannya dapat dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktik di sekolah, kunjungan industri, praktik kerja lapangan (PKL) dan bentuk pembelajaran lain yang mampu dilaksanakan sekolah untuk mengembangkan kompetensi secara utuh dan mendalam. 

Apabila SMK telah membangun kerjasama dengan institusi pasangan secara intensif, pembelajaran dapat dilakukan melalui projek kerja sama dengan dunia kerja dan atau pembelajaran teaching factory. Dalam mewujudkan capaian pembelajaran, sekolah hendaknya  menetapkan  strategi  pengembangan  SMK  yaitu “8+i”secara efektif. 

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang meliputi: beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; berkebhinekaan global; bergotong royong; kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan, bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan kehidupan, bernalar kritis dalam menghadapi tantangan dan bersifat mandiri


Tujuan

Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam bentuk soft skills dan hard skills sehingga peserta didik mampu:

  1. menerapkan sistem tata udara;
  2. menerapkan sistem refrigerasi;menerapkan sistem kontrol refrigerasi dan tata udara;
  3. menerapkan sistem pemanas air; dan
  4. menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).


C. Karakteristik

Mata pelajaran ini membangun soft skills dan hard skills teknik ketenagalistrikan yang meliputi proses bisnis menyeluruh dalam industri HVACR. Mata pelajaran ini memiliki berbagai karakteristik yang harus diperhatikan dalam pengorganisasian pembelajaran, yaitu: selalu terkait dengan perkembangan teknologi; sarat dengan keterampilan sehingga pembelajaran perlu banyak praktik; memiliki berbagai peralatan khusus sehingga menuntut kemahiran; menuntut ketelitian dalam pengukuran dan kemampuan matematis untuk perencanaan; memerlukan penguasaan kompetensi pengorganisasian pada setiap langkah persiapan, pelaksanaan dan pengujian; memiliki kepatuhan tinggi terhadap standar yang berlaku; memerlukan kemampuan menganalisis kegagalan kerja suatu sistem dan memberikan solusi, memerlukan kemampuan interpretasi terhadap gambar kerja yang harus diwujudkan dalam pekerjaan; dan memiliki tingkat bahaya yang tinggi sehingga diperlukan kepatuhan terhadap K3LH

Uraian secara lengkap elemen-elemen mata pelajaran ini adalah sebagai berikut :


Elemen Deskripsi
Sistem Tata Udara Meliputi penerapan K3LH, pemahaman prinsip dasar, fungsi peralatan dan bahan, gambar instalasi, prosedur pemasangan, pengoperasian, pemeriksaan fungsi dan performansi,perawatan, dan perbaikan sistem tata udara (antara lain AC residensial, komersial, dan sentral)
Sistem Refrigerasi Meliputi penerapan K3LH, prinsip dasar, fungsi peralatan dan bahan, gambar instalasi, prosedur pemasangan, pengoperasian, pemeriksaan fungsi dan performansi, perawatan, dan perbaikan sistem refrigerasi (antara lain unit refrigerasi domestik, komersial, dan industrial)
Sistem Kontrol Refrigerasi & Tata Udara Meliputi penerapan K3LH, konsep rangkaian kontrol, konsep input dan output, mekanisme rangkaian, pemasangan komponen, pengujian, perbaikan, dan penggantian komponen sistem kontrol refrigerasi dan tata udara
Sistem Pemanas Air (Water Heater) Meliputi penerapan K3LH, prinsip dasar, fungsi peralatan dan komponen, gambar instalasi, pemasangan, perawatan, dan perbaikan sistem pemanas air (antara lain pemanas air heat pump, listrik, gas, dan tenaga matahari)

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kompetensi teknik pemanasan, tata udara dan pendinginan yang terdiri dari soft skills maupun hard skills dan siap memasuki dunia kerja sehingga mampu menerapkan sistem tata udara, sistem refrigerasi, sistem kontrol refrigerasi dan tata udara, sistem pemanas air, dan menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)


Elemen Capaian Pembelajaran
Sistem Tata Udara Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan sistem instalasi tata udara yang meliputi K3LH, prinsip dasar, fungsi peralatan dan bahan, gambar instalasi, prosedur pemasangan, pengoperasian, pemeriksaan fungsi dan performansi. Selain itu peserta didik juga mampu melaksanakan perawatan, dan perbaikan sistem tata udara yang meliputi kegiatan penyiapan alat dan bahan, penafsiran gambar instalasi, pemasangan, pengoperasian, pengujian, perawatan dan perbaikan.
Sistem Refrigerasi Pada akhir fase F, peserta didik mampu: menerapkan sistem instalasi refrigerasi yang meliputi K3LH, prinsip dasar, fungsi peralatan dan bahan, gambar instalasi, prosedur pemasangan, pengoperasian, pemeriksaan fungsi dan performansi. Selain itu peserta didik juga mampu melakukan perawatan, dan perbaikan sistem refrigerasi yang meliputi kegiatan penyiapan alat dan bahan, penafsiran gambar instalasi, pemasangan, pengoperasian, pengujian, perawatan dan perbaikan
Sistem Kontrol Refrigerasi & Tata Udara Pada akhir fase F peserta didik mampu menerapkan sistem kontrol refrigerasi dan tata udara yang meliputi K3LH, memahami konsep input dan output, mekanisme rangkaian elektronik, mekanisme rangkaian inverter. Selain itu peserta didik juga mampu melaksanakan pemasangan, pengujian, perbaikan dan penggantian komponen kontrol
Sistem Pemanas Air (Water Heater) Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan sistem pemanas air (Water Heater) yang meliputi K3LH, prinsip dasar, fungsi peralatan dan bahan, gambar instalasi, prosedur pemasangan, pengoperasian, pemeriksaan fungsi dan performansi. Selain itu peserta didik juga mampu melaksanakan perawatan, dan perbaikan sistem pemanas air (Water Heater) yang meliputi kegiatan penyiapan alat dan bahan, penafsiran gambar instalasi, pemasangan, pengoperasian, pengujian, perawatan dan perbaikan
 

Untuk unduh capaian pembelajaran Teknik Pemanasan, Tata Udara dan Pendinginan silahkan klik disini

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Teknik Pemanasan Tata Udara dan Pendinginan (TPTUP)"